Our Blog

PEDOMAN LEPAS LANDAS (TAKE OFF) GANTOLLE




PRA LEPAS LANDAS

1.  Perhatikan dan nilai keadaan cuaca dan perkembangannya (Angin, awan, kelembaban udara, panas dan arah sinar matahari ); Disekeliling tempat peluncuran / lepas landas ( depan belakang, kiri kanan, atas bawah), diudara yang akan anda jelajahi / terbangi, diudara / langit jauh disana diluar daerah penjelajahan terbang anda namun dapat mempengaruhi udara daerah penjelajahan terbang anda (dan pasti akan mempengaruhi).

2. Perhatikan dan nilai keadaan medan daratan / bukit / gunung ; disekeliling tempat peluncuran / lepas landas, rintangan2 yang ada, pilihan2 daerah pendaratan aman, pilihan2 daerah pendaratan keadaan darurat, seluruh permukaan daratan dimana anda akan terbang diatasnya dan mungkin harus mendarat.

(Catatan : Ketajaman pengamatan dan kemampuan menilai kondisi medan/udara anda akan sangat menentukan keberhasilan dan keamanan terbang anda)

3. Perhatikan, nilai, dan perhitungkan jalur lari lepas landas anda. Anda harus mampu memperkirakan dengan tepat dimana titik lepas landas anda dan berapa jauh serta kecepatan lari yang diperlukan. Jika terdapat rintangan2 tertentu dijalur peluncuran lepas landas, pastikan anda dapat melaluinya atau menghindarinya ( untung2an tidak berlaku! ).

4. Lakukan penilaian terhadap kemampuan, ketrampilan dan kondisi diri anda terhadap medan situasi yang akan dihadapi.

5. Periksa dengan teliti semua peralatan & perlengkapan terbang anda (pesawat gantolle, harness, payung cadangan, Helm dsb.. ).

6. Gantungkan Harness anda kepesawat gantolle ( hook in ) dan periksa posisi menggantung harness/tubuh anda.

7. Jernihkan pikiran dan lakukan evaluasi ulang secara singkat terhadap seluruh persiapan lepas landas terbang anda ( dalam hati ) lalu… santaikan diri sejenak,

8. Jangan lupa berdoa…...... Biar terbangnya Ma' Nyussss!!



PEDOMAN LEPAS LANDAS ( TAKE OFF ) 2
LEPAS LANDAS

1. Lepas landas dengan angin lurus dari depan.

2. Jika arah angin tidak memungkinkan lurus dari depan, tentukan batas sudut kemiringan angin yang anda mampu tangani atau sesuai kemampuan / ketrampilan anda.

3. Tentukan batasan kecepatan angin yang anda mampu tangani atau sesuai kemampuan / ketrampilan anda.

4. Kombinasi kemiringan dan kekuatan angin juga menentukan batasan terhadap kemampuan / ketrampilan anda. Jangan lepas landas dalam kondisi angin yang diluar batas atau anda tidak yakin mampu menanganinya.

5. Jika anda kesulitan untuk menjaga kestabilan gantolle anda (karena angin), mintalah bantuan penerbang lain yang “kompeten / trampil” untuk membantu keseimbangan gantolle anda saat akan lepas landas. Jangan sekali-kali minta bantuan seseorang atau penerbang lain yang anda tidak kenal atau tak ketahui lebih dahulu kemampuannya. Andalah yang akan melakukan penerbangan, bukan dia, andalah yang harus menanggung akibatnya jika ia melakukan kesalahan atau tidak kompeten. Pastikan siapapun yang membantu anda telah memahami apa yang anda perlukan.

6. Angkat gantolle anda dengan menggunakan kekuatan pundak (lengan untuk mengatur keseimbangan kiri & kanan, depan & belakang) dan berdiri dengan tegak ( jangan membungkuk! ), posisi kaki / kuda2 sedikit direnggangkan dan salah satu kaki maju sedikit kedepan ( terserah mau kaki kiri atau kaki kanan, asalkan jangan kaki yang tengah ..!). Posisi dan sikap tubuh dan kaki / kuda2 harus selalu lentur, luwes, flexible dan rileks. Keseimbangan hanya dapat dicapai dengan keluwesan, bukan dengan kekuatan atau kekakuan.

7. Atur sudut kemiringan hidung gantolle ( angle of attack ) dengan tepat ( sudut yang tepat akan membuat beban terasa paling ringan dan stabil ). Jangan ijinkan orang lain memegang / mengatur ekor gantolle anda (keel) kecuali anda perlu bantuan untuk sekedar berjaga-jaga agar gantolle anda tidak terpukul angin secara tak terkendali. Membiarkan seseorang memegang / mengendalikan ekor gantolle anda akan membuat anda tidak dapat merasakan keseimbangan gantolle anda dengan baik.

8. Jika anda kesulitan menjaga keseimbangan gantolle karena terpaan angin, segera letakan kembali gantolle anda. Jangan berlama-lama dan membuang-buang tenaga untuk melawan kekuatan angin. Ia dengan mudah akan menguras tenaga anda dan akhirnya kepekaan dan kesigapan anda… hal itu akan mendorong anda untuk melakukan kesalahan pada saat lepas landas.

9. Sekali anda merasa keseimbangan gantolle telah sempurna, kecepatan dan arah angin sesuai yang anda inginkan, segeralah lepas landas dengan penuh determinasi tanpa menunda atau membuang-buang waktu. Menunggu atau menunda beberapa detik saja sudah cukup bagi sang angin untuk berubah ( apalagi jika anginnya lagi angin-anginan !) dan membuat anda sulit lepas landas.

10. Berlarilah dengan langkah yang lebar serta berakselerasi, mantap dan jangan sekali-kali ragu. Sambil selalu menjaga keseimbangan gantolle maupun sudut kemiringan hidung gantolle. Pandangan anda lurus kedepan kearah kemana anda akan meluncur. Melihat keatas atau kebawah (tanah) dapat membuat anda kehilangan oerientasi keseimbangan gantolle. Apalagi tengok kiri-kanan… (misal karena liat ada cewek sexy atau cowok keren) udah pasti nyungsep dah!

11. Berlarilah terus sampai gantolle terangkat dan mengangkat beban tubuh anda. Jangan sekali-kali menjatuhkan badan pada saat gantolle belum terangkat atau mengangkat tubuh anda.
( Catatan : Namun untuk beberapa teknik lepas landas lanjutan dan kondisi tempat landas tertentu, teknik menjatuhkan badan bisa saja dilakukan oleh penerbang2 yang sudah berpengalaman )

12. Sekali anda telah lepas landas, biarkan gantolle meluncur menjauhi tempat peluncuran (bukit/gunung) dengan kecepatan yang cukup (sedikit cepat lebih baik dan aman ). Setelah anda berada dalam jarak yang aman dari bukit peluncuran, anda bisa mulai memikirkan kenyamanan posisi harness anda atau mungkin berfoto-foto ria, bergaya-gaya sedikit didepan penonton........


SELAMAT TERBANG…!!




By : PGPI Gantolle DKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIRUS PETUALANGAN Designed by Templateism | Blogger Templates Copyright © 2014

Gambar tema oleh richcano. Diberdayakan oleh Blogger.