PRA
LEPAS LANDAS
1. Perhatikan
dan nilai keadaan cuaca dan perkembangannya (Angin, awan, kelembaban udara,
panas dan arah sinar matahari ); Disekeliling tempat peluncuran / lepas landas
( depan belakang, kiri kanan, atas bawah), diudara yang akan anda jelajahi /
terbangi, diudara / langit jauh disana diluar daerah penjelajahan terbang anda
namun dapat mempengaruhi udara daerah penjelajahan terbang anda (dan pasti akan
mempengaruhi).
2.
Perhatikan dan nilai keadaan medan daratan / bukit / gunung ; disekeliling
tempat peluncuran / lepas landas, rintangan2 yang ada, pilihan2 daerah
pendaratan aman, pilihan2 daerah pendaratan keadaan darurat, seluruh permukaan
daratan dimana anda akan terbang diatasnya dan mungkin harus mendarat.
(Catatan
: Ketajaman pengamatan dan kemampuan menilai kondisi medan/udara anda akan
sangat menentukan keberhasilan dan keamanan terbang anda)
3.
Perhatikan, nilai, dan perhitungkan jalur lari lepas landas anda. Anda harus
mampu memperkirakan dengan tepat dimana titik lepas landas anda dan berapa jauh
serta kecepatan lari yang diperlukan. Jika terdapat rintangan2 tertentu dijalur
peluncuran lepas landas, pastikan anda dapat melaluinya atau menghindarinya (
untung2an tidak berlaku! ).
4.
Lakukan penilaian terhadap kemampuan, ketrampilan dan kondisi diri anda
terhadap medan situasi yang akan dihadapi.
5.
Periksa dengan teliti semua peralatan & perlengkapan terbang anda (pesawat
gantolle, harness, payung cadangan, Helm dsb.. ).
6.
Gantungkan Harness anda kepesawat gantolle ( hook in ) dan periksa posisi
menggantung harness/tubuh anda.
7.
Jernihkan pikiran dan lakukan evaluasi ulang secara singkat terhadap seluruh
persiapan lepas landas terbang anda ( dalam hati ) lalu… santaikan diri
sejenak,
8.
Jangan lupa berdoa…...... Biar terbangnya Ma' Nyussss!!
PEDOMAN
LEPAS LANDAS ( TAKE OFF ) 2
LEPAS
LANDAS
1.
Lepas landas dengan angin lurus dari depan.
2.
Jika arah angin tidak memungkinkan lurus dari depan, tentukan batas sudut
kemiringan angin yang anda mampu tangani atau sesuai kemampuan / ketrampilan
anda.
3.
Tentukan batasan kecepatan angin yang anda mampu tangani atau sesuai kemampuan
/ ketrampilan anda.
4.
Kombinasi kemiringan dan kekuatan angin juga menentukan batasan terhadap
kemampuan / ketrampilan anda. Jangan lepas landas dalam kondisi angin yang
diluar batas atau anda tidak yakin mampu menanganinya.
5.
Jika anda kesulitan untuk menjaga kestabilan gantolle anda (karena angin),
mintalah bantuan penerbang lain yang “kompeten / trampil” untuk membantu
keseimbangan gantolle anda saat akan lepas landas. Jangan sekali-kali minta
bantuan seseorang atau penerbang lain yang anda tidak kenal atau tak ketahui
lebih dahulu kemampuannya. Andalah yang akan melakukan penerbangan, bukan dia,
andalah yang harus menanggung akibatnya jika ia melakukan kesalahan atau tidak
kompeten. Pastikan siapapun yang membantu anda telah memahami apa yang anda
perlukan.
6.
Angkat gantolle anda dengan menggunakan kekuatan pundak (lengan untuk mengatur
keseimbangan kiri & kanan, depan & belakang) dan berdiri dengan tegak (
jangan membungkuk! ), posisi kaki / kuda2 sedikit direnggangkan dan salah satu
kaki maju sedikit kedepan ( terserah mau kaki kiri atau kaki kanan, asalkan
jangan kaki yang tengah ..!). Posisi dan sikap tubuh dan kaki / kuda2 harus
selalu lentur, luwes, flexible dan rileks. Keseimbangan hanya dapat dicapai
dengan keluwesan, bukan dengan kekuatan atau kekakuan.
7.
Atur sudut kemiringan hidung gantolle ( angle of attack ) dengan tepat ( sudut
yang tepat akan membuat beban terasa paling ringan dan stabil ). Jangan ijinkan
orang lain memegang / mengatur ekor gantolle anda (keel) kecuali anda perlu
bantuan untuk sekedar berjaga-jaga agar gantolle anda tidak terpukul angin
secara tak terkendali. Membiarkan seseorang memegang / mengendalikan ekor
gantolle anda akan membuat anda tidak dapat merasakan keseimbangan gantolle
anda dengan baik.
8.
Jika anda kesulitan menjaga keseimbangan gantolle karena terpaan angin, segera
letakan kembali gantolle anda. Jangan berlama-lama dan membuang-buang tenaga
untuk melawan kekuatan angin. Ia dengan mudah akan menguras tenaga anda dan
akhirnya kepekaan dan kesigapan anda… hal itu akan mendorong anda untuk
melakukan kesalahan pada saat lepas landas.
9.
Sekali anda merasa keseimbangan gantolle telah sempurna, kecepatan dan arah
angin sesuai yang anda inginkan, segeralah lepas landas dengan penuh
determinasi tanpa menunda atau membuang-buang waktu. Menunggu atau menunda
beberapa detik saja sudah cukup bagi sang angin untuk berubah ( apalagi jika
anginnya lagi angin-anginan !) dan membuat anda sulit lepas landas.
10.
Berlarilah dengan langkah yang lebar serta berakselerasi, mantap dan jangan
sekali-kali ragu. Sambil selalu menjaga keseimbangan gantolle maupun sudut
kemiringan hidung gantolle. Pandangan anda lurus kedepan kearah kemana anda
akan meluncur. Melihat keatas atau kebawah (tanah) dapat membuat anda
kehilangan oerientasi keseimbangan gantolle. Apalagi tengok kiri-kanan… (misal
karena liat ada cewek sexy atau cowok keren) udah pasti nyungsep dah!
11.
Berlarilah terus sampai gantolle terangkat dan mengangkat beban tubuh anda.
Jangan sekali-kali menjatuhkan badan pada saat gantolle belum terangkat atau
mengangkat tubuh anda.
(
Catatan : Namun untuk beberapa teknik lepas landas lanjutan dan kondisi tempat
landas tertentu, teknik menjatuhkan badan bisa saja dilakukan oleh penerbang2
yang sudah berpengalaman )
12.
Sekali anda telah lepas landas, biarkan gantolle meluncur menjauhi tempat
peluncuran (bukit/gunung) dengan kecepatan yang cukup (sedikit cepat lebih baik
dan aman ). Setelah anda berada dalam jarak yang aman dari bukit peluncuran,
anda bisa mulai memikirkan kenyamanan posisi harness anda atau mungkin
berfoto-foto ria, bergaya-gaya sedikit didepan penonton........
SELAMAT
TERBANG…!!
By : PGPI Gantolle
DKI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar